Peningkatan Kualitas SDM Diperlukan Untuk Dukung MEA 2015

sertifikasi tenaga kerja bksp

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) merekomendasikan percepatan peningkatan kualitas sumberdaya manusia untuk mendukung Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Menjelang perdagangan bebas, kebanyakan pekerja dan calon-calon tenaga kerja Indonesia tidak dibekali dengan keterampilan-keterampilan khusus.

“Kami merekomendasikan pemerintah mengeluarkan kebijakan pengembangan dana peningkatan keahlian (skills development fund) ini untuk mendukung Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015″ kata Ketua BNSP, Sumarna Abdurrahman di gedung KAHMI Center, Jakarta, Jumat (5/12/2014).

Menurut dia, skills development fund itu bisa dilakukan dengan mengembangkan dan memperbarui standar kompetensi nasional yang telah ada sesuai kebutuhan MEA 2015.

Selain itu pemerintah juga harus menyelenggarakan program pelatihan berbasis kompetensi dan mengeluarkan sertifikasi kompetensi. Langkah ini perlu diambil agar tenaga kerja Indonesia yang terserap ke luar negeri mampu bersaing dengan tenaga kerja lain yang diserap Indonesia.

Syarat ini harus dipenuhi Indonesia yang akan masuk ke perdagangan bebas. Sehingga tenaga kerja Indonesia yang terserap di luar negeri tidak hanya berkutat sebagai asisten rumah tangga dan profesi tanpa keterampilan lainnya.

Label:

Tentang