MEA 2015, Kemkominfo Prioritaskan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja

[JAKARTA] Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI berkomitmen dengan Kementerian Ketenagakerjaan untuk mendukung program percepatan sertifikasi kompetensi tenaga kerja, dalam rangka menghadapi kesepakatan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

“Dalam konteks MEA 2015, kita tidak hanya melihatnya dari segi bisnis namun juga kualitas SDM-nya,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, usai menghadiri sosialisasi sertifikasi tenaga kerja industri bidang komunikasi dan informatika dalam era MEA 2015 di Jakarta, Senin (2/2).

Menurutnya, tahun ini Kemkominfo telah menyiapkan program prioritas untuk mempercepat proses sertifikasi, diantaranya fasilitasi penerapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), pelatihan dan sertifikasi berbasis standar kompetensi, pelatihan assesor, pelatihan instruktur dan fasilitasi pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

“Saat ini lembaga sertifikasi profesi LSP di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang kita punya hanya 2 LSP dan idealnya berkisar 20 hingga 40 LSP,” terang Rudiantara.

Selain penetapan program itu, kemkominfo juga memfasilitasi masyarakat industri dan profesi dalam penyusunan dan penetapan 16 SKKNI di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Berdasarkan data 2004- 2014 terdapat 406 SKKNI yang terbagi dalam 9 Sektor kerja. Khusus di sektor perhubungan dan telekomunikasi saat ini Indonesia telah memiliki 21 SKKNI yang terdiri dari 1 SKKNI di sektor perhubungan dan 20 SKKNI di bidang Telekomunikasi. [RRI/L-8]

SUMBER : http://sp.beritasatu.com/home/mea-2015-kemkominfo-prioritaskan-sertifikasi-kompetensi-tenaga-kerja/76742

About

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *